Pemberdayaan Masyarakat Dengan Kerajinan Logam Tembaga

Kerajinan Logam Tembaga – Pemberdayaan masyarakat kini menjadi salah satu penyelesaian masalah yang sekarang ini dianggap sangat efektif. Pasalnya, permasalahan utama yang masih sering muncul di masyarakat khususnya yang berada di pedesaan adalah disebabkan karena taraf hidup yang tidak kunjung meningkat atau bahkan semakin hari ke hari semakin menurun. Hal ini tentu saja menyebabkan tingkat pemenuhan kebutuhan menjadi rendah dan akan berdampak kepada anak-anak. Anak-anak yang tidak terpenuhi kebutuhan dasarnya seperti pendidikan tentu saja akan menjadi sasaran selanjutnya dari kehidupan yang serba kekurangan. Maka, terobosan terbaru dengan memberdayakan masyarakat setempat tentu saja menjadi salah satu solusi yang paling efektif, salah satunya dengan memperkenalkan kerajinan logam tembaga.

Bagi mereka yang sekarang tidak memiliki penghasilan, tentu saja dengan membuka lapangan kerja akan membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pemenuhan yang dimaksud yaitu kebutuhan dasar berupa sandang, pangan dan papan. Masih banyak sekali masyarakat yang tidak sanggup untuk memenuhi pemenuhan gizi sehari-hari karena tidak adanya biaya. Nah, dengan ikut serta aktif membuat kerajinan logam tembaga diharapkan mereka bisa memiliki daya padu dan daya juang yang lebih tinggi sehingga kebutuhan yang selama ini tidak terpenuhi akan dengan mudah terpenuhi. Untuk menjadi pengrajin, masyarakat setempat mungkin akan kesulitan dan kebingungan dalam tahap awalnya, namun dengan pendampingan yang intensif diharapkan masyarakat bisa hidup mandiri di tahun-tahun berikutnya.

Kerajinan logam tembaga bisa menjadi sumber penghasilan karena cukup banyak diminati oleh para pembeli dan juga sangat laku di pasaran. Semakin sering pelatihan diadakan maka semakin besar kesempatan masyarakat untuk ahli dana membuat kerajinan dan tentu saja kesempatan untuk bisa keluar dari kungkungan kemiskinan juga akan semakin besar. Tidak salah jika seumpama pemberdayaan yang dimaksudkan tersebut berhasil maka akan ada banyak sekali anak-anak yang pergi ke sekolah dan tidak perlu repot-repot lagi membantu orangtuanya untuk bekerja di beberapa tempat yang cenderung pekerjaan kasar. Selain itu, kebutuhan dasar sandang, pangan, papan sedikit demi sedikit juga akan terpenuhi.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *