Kerajinan Lampu Tembaga Khas Boyolali

Kerajinan Lampu Tembaga – Indonesia merupakan sebuah negara kaya akan budaya dan seni dari Sabang sampai Merauke, termasuk kaya dengan kerjainan dari bahan tembaga. Kerajinan tembaga sudah menjadi usaha turun-temurun yang di awali oleh empu-empu dari Kerajaan Mataram. Para empu-empu atau biasa disebut dengan pandai besi tersebut memproduksi jenis peralatan rumah tangga dari logam, termasuk pula dari tembaga. Salah satu daerah di Indonesia sudah terkenal dengan kerajinan lampu tembaga khas Boyolali, Boyolali merupakan salah satu pusat dari kerajinan tembaga yang sudah terkenal di penjuru negeri hingga manca negara.

 

Boyolali sudahterkenal dengan kerajinan jenis logam sejak dahulu. Jenis logam yang sangat populer dan digunakan di masyarakat adalah logam tembaga dan logam kuningan. Kerajinan lampu tembaga memang terkenal dengan kualitasnya yang baik. Tidak hanya dari sisi kualitas saja, Boyolali juga dikenal dengan hasil produk kerajinan tembaga dan kuningan yang beraneka macam, sepertikaligrafi,kerajinan meja, kerajinan vas bunga, kerajinan air mancur, kerajinan kubah masjid, kerajinan bowl, kerajinan logo, kerajinan lampu stand, kerajinan bathtub,kerajinan lampu robyong, dan masih banyak lagi karena masyarakat Boyolali mengerjakan sebuah kerajinan tembaga sesuai dengan pesanan dari customer. Produsen kerajinan logam dari Boyolali dapat memproduksi kerajinan logam secara customize sesuai dengan keinginan dari customer. Waktu dan harga dari kerajinan ini sesuai dengan tingkat kesulitan yang diinginkan oleh customer, semakin besar dan tingkat kesulitan yang tinggi dari kerajinan tembaga maka semakin lama pula pengerjaannya.

Berikut 2 jenis kerajinan lampu khas Boyolali :

  1. Lampu Robyong adalah sebuah lampu gantung dengan tangkai banyak, lampu robyong biasanya di pasang pada masjid atau lobby hotel.
  2. Lampu Gantung merupakan produk hasil dari kerajinan tembaga yang sering digunakan untuk menghiasi rumah.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *