Mengetahui Tahapan Pembuatan Kerajinan Kuningan Tembaga dan Alumunium

Kerajinan Kuningan Tembaga dan Alumunium – Kita sebagai Warga Negara Indonesia setidaknya harus megetahui beberapa seni dan kerajinan yang terdapat di negeri kita yang luas dan kaya akan seni ini. Salah satu yang akan di bahas adalah kerajian tembaga kuningan dan alumunium yang akan membantu kita mengetahui tentang sentra kerajinan tembaga kuningan dan alumunium. Indonesia kaya akan budaya seni termasuk kaya akan kerajinan tembaga, kuningan, dan alumunium.

Indonesia dikenal dengan hasil produk kerajinan tembaga dan kuningan yang beraneka macam, sepertikaligrafi,kerajinan meja, kerajinan vas bunga, kerajinan air mancur, kerajinan kubah masjid, kerajinan bowl, kerajinan logo, kerajinan lampu stand, kerajinan bathtub,kerajinan lampu robyong, dan masih banyak lagi. Produsen kerajinan logam dapat memproduksi kerajinan logam secara beraneka ragam sesuai dengan keinginan dari pelanggan. Dan pada artikel ini Anda akan mengetahui tahapan dari pembuatan kerajian tembaga kuningan dan alumunium.

Pada bagian ini akan dijelaskan sedikit mengenai tahapan untuk pembuatan kerajinan kuningan tembaga dan alumunium.

  1. Bahan baku logam biasanya dalam bentuk pelat lembaran. Langkah pertama membuat pola mal dan menentukan ukuran yang akan dibentuk. Kemudian bakar sampai merah, dan bentuk tembaga tersebut. Membakar tembaga akan membuat tembaga letur sehingga materi dapat ditempa / dipalu.
  2. Selanjutnya memasuki tahap pengelasan.Pada tahap ini bahan yang telah di pola akan dilas sesuai dengan ukuran desain bentuk yang diinginkan. Proses selanjutnya adalah tahap pembuatan pola dipalu sesuai dengan bentuk produk, seperti vas, mangkuk, baskom, bath tube, dll.
  3. Proses selanjutnya adalah peleburan pola dipalu atau memberikan pola tekstur yang diinginkan. Ada banyak pola tekstur,contohnya babaran (pola sarang lebah), cincang (paku jatuh), liar, tekstur jeruk dan banyak lagi.
  4. Berikutnya adalah tahap finishing bentuk, yaitu sandpapering dan polishing. Ini adalah proses yang paling penting di mana kualitas barang ditentukan. Membutuhkan keahlian tinggi dan kesabaran dalam sandpapering dan polishing, karena mempengaruhi seni dan kualitas barang.
  5. Maka langkah terakhir adalah proses pengeringan dan proses pelapisan / plating. Dalam proses pelapisan, ada dua pilihan, yaitu doff dan mengkilap. Hal ini tergantung permintaan pembeli.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *