Jenis – Jenis Kerajinan dari Bahan Tembaga Indonesia yang Sudah Diakui Dunia

Kerajinan dari Bahan Tembaga – Indonesia memang merupakan salah satu negara dengan jumlah seniman yang paling banyak di dunia. Karena jumlah penduduknya banyak dan dari berbagai macam suku, ditambah sumber daya alam sebagai bahan baku karya seni tak terbatas maka tidah heran jika banyak karya seni fungsional yang memiliki nilai estetika tinggi. Berikut ini adalah jenis – jenis kerajinan dari bahan tembaga Indonesia yang sudah diakui dunia bahkan dipesan konsumen skala internasional.

  • Kerajinan Tugu Tembaga Kota Masohi

Salah satu kerajinan dari bahan tembaga yang berbentuk tugu ini juga dicampur dengan kuningan dan bisa ditemukan di kota Masohi, Maluku. Penggunaan bahan dasar mayoritas dari tembaga dikombinasikan dengan bahan – bahan lain, diantaranya adalah plat galvanis besi setebal 1,2 mm digunakan untuk bagian teras utama. Untuk memproduksi tugu tembaga ini diperlukan waktu sekitar 3 bulan lamanya, dengan selama 2 bulan berada pada proses pengerjaan di dalam bengkel hingga siap diantarkan. Pengiriman barang yang satu ini memerlukan 20 hari hingga sampai di tempat tujuan, serta sesampainya di sana dibutuhkan 10 hari lamanya untuk melakukan pemasangan.

  • Miniatur Borobudur Tembaga

Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Dengan terinspirasi dari Borobudur, para pengrajin tembaga di daerah Jawa Tengah mulai banyak yang membuat miniaturnya. Miniatur Borobudur ini adalah kerajinan dari bahan tembaga yang dibuat sangat detail. Jumlah undakannya ada 8 tingkatan dari dasar sampai ke puncak. Selain itu, kerajinan ini juga dibentuk secara detail dengan kelengkapan kubah, arca, hingga tangga di bagian depan. Ada 4 arca besar dan sangat banyak arca kecil sebagai pelengkap. Tidak heran, banyak turis dari berbagai belahan dunia yang tertarik ingin memesan produk asli Indonesia ini.

  • Aksesoris Bros Tembaga

Dulu, aksesoris bros dari bahan tembaga dikembangkan di tempat – tempat tertentu saja yang sudah memiliki mesin lengkap. Namun, saat ini banyak juga UMKM yang mulai menggeliat dan membuat kerajinan dari bahan tembaga untuk dijual baik dengan skala kecil maupun besar. Banyak model yang dibuat untuk produk yang satu ini. Mulai dari kupu – kupu, bunga, dan bintang. Karena jumlah orang yang menggunakan bros sangat banyak, misalnya ibu – ibu atau remaja berhijab maka konsumen aksesoris bros dari tembaga sangat banyak sehingga usaha ini pun banyak menuai keuntungan.

  • Bonsai Kawat Tembaga

Dengan harga mulai dari Rp 30.000,00 saja para konsumen bisa menikmati keindahan bonsai kawat tembaga yang berukuran tinggi 12 cm. Kerajinan dari bahan tembaga itu sangat unik sehingga banyak pesanan dari dalam dan luar negeri. Selain keindahannya, harga produk ini juga sangat terjangkau. Jadi, tidak heran bahwa banyak pesanan bonsai kawat tembaga dengan aneka jenis pohon mulai beringin, sakura, hingga bougenvil.

  • Miniatur Vespa Recycle Art

Kerajinan dari bahan tembaga ini menggunakan beberapa kombinasi yaitu barang – barang bekas seperti lampu dan knalpot bekas. Cukup banyak seniman yang mengembangkan recycle art sebagai kampanye cinta terhadap bumi dan anti global warming. Produk seni yang satu ini tidak hanya bernilai estetika sangat tinggi, tetapi juga bisa me ngurangi jumlah sampah dan barang – barang bekas di sekitar lingkungan.

Selain 5 kerajinan dari bahan tembaga di atas, masih banyak lagi kekayaan karya seni yang sangat tinggi nilai estetikanya dibuat dari tangan orang Indonesia. Cara untuk menghargainya adalah dengan membeli dan ikut belajar mengembangkan berbagai jenis kesenian dari bahan asli Indonesia.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *