Cara Merawat Kerajinan Tembaga Kuningan

Kerajinan Tembaga Kuningan – Indonesia merupakan sebuah negara kaya akan budaya dan seni, termasuk kaya dengan kerjainan tembaga kuningan. Kerajinan tembaga dan kuningan sudah menjadi usaha turun-temurun yang di awali oleh empu-empu dari Kerajaan Mataram. Para empu-empu atau biasa disebut dengan pandai besi tersebut memproduksi jenis peralatan rumah tangga dari logam, termasuk pula dari tembaga.

Kerajinan tembaga kuningan menjadi bahan pilihan dikarenakan bahan tersebut bagus untuk dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan dengan beragam finishing warna. Selain itu bahan tembaga mempunyai kehandalan yaitu anti korosi atau karat yang sering menjadi masalah pada bahan logam. Sedangkan jika menggunakan bahan lain contohnya furniture kayu sangat rentan terhadap pegaruh cuaca dan lapuk, besi dan baja akan berkarat, dan plastik akan rapuh dan mudah pecah. Berbeda dengan tembaga yang memiliki umur yang panjang dan menambah keunikan dari kerajinan.

Banyak sekali bentuk pewarnaan kerajinan tembaga kuningan, ada yang berwarna hitam, coklat, merah, mengkilap, hijau dan sebagainya. Terkadang jika barang-barang kerajinan tembaga dan kuningan tersebut sudah lama, maka akan muncul warna-warna lain yang mengganggu mata.Untuk mengatasi masalanya kita harus mengetahui cara merawatnya. Bila warna kerajinan itu coklat,hitam, atau merah, maka rajin-rajinlah mengusap dengan kain yang bersih dan kering, atau bisa ditambah dengan MAA. Dan jika warna mengkilap, ketika warna lain sudah menggangu, bersihkan dengan braso dan kain kering. Oleskan braso pada kain kering dan gosokkan pada bagian yang berubah warna sampai warna yang muncul itu benar-benar hilang sehingga kerjainan itu menjadi mengkilap kembali. Setelah itu oles dengan coating danagloss yang bisa dibeli di took-toko cat mobil. Untuk mempertahankan warna tembaga dari perubahan warna. Kadang kerajinan tembaga ini rentan sekali dengan air jika terletak pada kondisi diluar ruangan, termasuk air hujan. Maka jika ingin dipakai diluar ruangan, cukup ditambahkan dengan lapisan coating anti tarnis. Supaya warna lebih tahan lama. Untuk mempertahankan seni dan kecantikan dari kerajinan, seringlah untuk membersihkan kerajinan dari debu dan sebisa mungkin jauhkan dari tempat-tempat yang lembab.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *