Alasan Kerajinan Kawat Tembaga Menjadi Pilihan

Kerajinan Kawat Tembaga – Indonesia merupakan sebuah negara kaya akan budaya dan seni, termasuk kaya dengan kerjainan kawat tembaga. Kerajinan tembaga sudah menjadi usaha turun-temurun yang di awali oleh empu-empu dari Kerajaan Mataram. Para empu-empu atau biasa disebut dengan pandai besi tersebut memproduksi jenis peralatan rumah tangga dari logam, termasuk pula dari tembaga.

Kerajinan dari bahan tembaga menjadi bahan pilihan dikarenakan bahan tersebut bagus untuk dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan dengan beragam finishing warna. Selain itu bahan tembaga mempunyai kehandalan yaitu anti korosi atau karat yang sering menjadi masalah pada bahan logam. Sedangkan jika menggunakan bahan lain contohnya furniture kayu sangat rentan terhadap pegaruh cuaca dan lapuk, besi dan baja akan berkarat, dan plastik akan rapuh dan mudah pecah. Berbeda dengan tembaga yang memiliki umur yang panjang dan menambah keunikan dari kerajinan.Tembaga merupakan salah satu jenis logam dasar yang mudah di bentuk (pada ukuran 2,5 skala Mohs). Tidak heran apabila logam ini sering digunakan dalam berbagai macam jenis kerajinan kawat tambaga. Penemuan dari sejarah menyebutkan bahwa tembaga telah digunakan untuk membuat patung, tembikar, perhiasan cincin, dan untuk koin sebagai mata uang. Bahkan di Irak ditemukan sebuah liontin dengan ornamen tembaga pada tahun 8700 SM.

Kerajinan kawat tembaga terdapat dua jenis bahan yang dapat digunakan yaitu :

  • Enamel coated. Merupakan salah satu bahan tembaga yang sudah di lapisi, lapisan pewarnanya bisa terdiri dari beragam pilihan, yang umum ditemui di tukang dinamo biasanya warna coklat gelap,rose gold, dan coklat tembaga kemerahan. Perusahaan kawat untuk aksesoris berskala internasional seperti┬áscientific wire dan artistic wire, mengeluarkan varian warna yang cukup beragam untuk keperluan membuat kerajinan. Biasanya kawat dengan enamel coated ini akan lebih kecil kemungkinannya untuk karatan/tarnish/ternoda.
  • Bare copper biasa disebut dengan kawat tembaga polosan merupakan jenis kawat tembaga yang tidak diberi lapisan tambahan pada permukaannya, biasanya kawat tembaga jenis ini digunakan dalam rangkaian kabel listrik. Jenis bare copper ini berguna saat kita ingin membuat aksesoris dengan efek bakar.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *